Get Adobe Flash player

Daily Archives: January 31, 2018

Apa itu ducting ?

Ducting merupakan bahasa ingris yang kalau di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah penyaluran pipa.

Dan jika di jabarkan kira-kira adalah bahan atau material yang digunakan untuk mengarahkan atau menyalurkan udara atau lainya ke arah tertentu dengan mempertimbangkan tiap-tiap tujuan akhir tersebut manjadi bagian beban terhadap dimensi atau diameter media penyalur pada sepanjang perjalanan hingga titik akhir beban tersebut keluar dari media penyalur.

Jenis material ducting itu sendiri beraneka ragam disesuaikan dengan udara yang akan di salurkan. Pengunaan material yang di gunakan akan mempengaruhi suhu udara di sepanjang perjalanan menuju titik akhir keluarnya udara.

Beberapa jenis material ducting itu sendiri diantara nya :

1. Ducting BJLS (Seng) tanpa isolasi.

Adalah jenis ducting yang di gunakan untuk menyalurkan udara dimana ducting ini tidak mempertahankan kesetabilan suhu udara yang akan di salurkan. Hanya berfungsi sebagai penyalur saja dari satu tempat ke tempat yang lain atau dari beberapa tempat ke dalam satu tempat.

Contohnya :

1. Ducting exhaust. Yaitu sirkulasi udara pada suatu ruangan misalnya toilet, tempat parkir dll

2. Ducting fresh air. Yaitu ducting yang di gunakan untuk menyalurkan udara segar dari luar ruangan menuju indoor unit ac seperti AHU ataupun FCU.

3. Ducting Intake. Untuk menyalurkan udara dari luar gedung menuju ruangangan yang membutuhkan udara segar. Seperti lahan parkir yang tertutup atau lainya.

4. Dan sebagainya.

Gambar detail dari ducting tanpa isolasi.

Mengenal Lebih Dekat AC VRV Daikin

Dulu, AC sentral adalah satu-satunya cara untuk mengondisikan kondisi bangunan dimana ratusan ribu ruangan yang kosong di seluruh dunia tetap memiliki AC yang menyala. Namun, seiring perkembangan waktu dan teknologi, kini telah hadir sistem AC VRV atau Variable Refrigerant Volume.

Sistem AC VRV atau Variable Refrigerant Volume ini adalah AC tipe multi-split pertama di dunia untuk bangunan komersial yang dikembangkan oleh Daikin pada tahun 1982. Sebagai pemimpin teknologi di industri HVAC, Daikin telah mendaftarkan istilah VRV tersebut sebagai merek dagang resmi milik Daikin. Namun, untuk perusahaan lainnya menggunakan istilah VRF (Variable Refrigerant Flow) untuk sistem HVAC yang serupa. Sistem ini hingga sekarang telah banyak digunakan di Jepang dan Eropa untuk aplikasi kenyamanan dan telah diadopsi oleh banyak negara termasuk Indonesia.

Sistem AC VRV ini adalah sistem pengkondisian udara teknologi yang sangat canggih dengan beberapa prinsip kerja berikut ini.

  1. Refrigerant – refrigerant adalah satu-satunya bahan pendingin dalam sistem VRV ini.
  2. Kompresor inverter yang memungkinkan menurunkan konsumsi daya dengan beban pendinginan/pemanasan parsial.
  3. Beberapa air handler (unit dalam ruangan) pada sirkuit pendingin yang sama.
  4. Kemampuan ekspansi modular (terutama berlaku untuk proyek besar, yang bisa tumbuh secara bertahap).

Dengan adanya inverter di dalam AC VRV multi-split, maka Anda memiliki kontrol secara pribadi dengan kapasitas dari 0 sampai 100%. Hal ini akan mengakibatkan operasi yang tidak berlebihan untuk sebagian besar waktu pengoperasian AC. Penghematan energi dan kenyamanan pun meningkat secara signifikan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa keuntungan yang dapat dirasakan dari menggunakan sistem AC VRV ini adalah

  • Hemat energi.

Kontrol individu dan teknologi inverter yang tepat meminimalkan konsumsi energi untuk menghasilkan penghematan energi optimal.

  • Pemanasan dan pendinginan simultan mungkin terjadi.
  • Biaya perawatan rendah.
  • Hemat ruang sebagai outdoor unit membutuhkan lebih sedikit ruang.

Desain modular unit luar ruangan dan berbagai pilihan unit indoor memastikan desain sistem yang ideal untuk lingkungan tempat pemasangannya.

  • Suara pengoperasian lebih rendah.
  • COP (Coefficient of Performance) sangat tinggi.
  • Kontrol individu terhadap semua unit indoor, maka tidak ada kegagalan sistem yang lengkap meski terjadi masalah pada satu unit dalam ruangan.

Sistem AC VRV memungkinkan pengaturan kontrol individu untuk setiap zona untuk memberikan kenyamanan maksimal pada pengaturan bangunan.

  • Sediakan fleksibilitas yang ekstrim terhadap persyaratan estetika bangunan.

Selain koneksi maksimal 64 unit indoor ke 1 unit outdoor, tunjangan besar untuk perpipaan panjang dan perbedaan level memberikan layout yang fleksibel.

Berdasarkan penjelasan di atas mengenai kontrol individu yang dapat menghemat energi, sistem AC VRV ini dapat dibagi menjadi 3 tipe, yaitu

  • Full load operation (100%)
  • Partial load operation (50%)
  • Partial load operation (25%)

Struktur sistem dari AC VRV ini terdiri dari unit luar (terdiri dari satu atau beberapa kompresor), beberapa unit dalam ruangan, pipa pendingin, berjalan dari luar ke semua ruangan, menggunakan sambungan Refnet, dan kabel komunikasi. Untuk rangkaian struktur sistem dari VRV ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Jasa Service AV Daikin Tangerang

Tipe Sistem AC VRV, yaitu

  • Sistem pendinginan saja-sistem ini hanya bisa mendinginkan ruangan. Pemanasan tidak tersedia.
  • Sistem Heat Pump-semua unit indoor ini memiliki kemampuan menghangatkan atau mendinginkan (tidak pada saat bersamaan).
  • Sistem Heat Recovery-sistem ini adalah sistem yang paling canggih, dimana pendinginan dan pemanasan tersedia oleh setiap unit indoor secara independen dan dapat bekerja pada saat bersamaan.

AC VRV Daikin

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel di atas, AC VRV ini pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Daikin pada tahun 1982. Untuk itu, Daikin telah memiliki beragam produk AC VRV untuk Anda seperti AC VRV IV Series dan AC VRV IV S Series ini.

VRV IV Series

Jasa Service AC Daikin VRV Series Tangerang

High-COP Type

Enables further energy saving
12 HP – 50 HP with 4 new models lineup

VRV III VRV IV

COP during cooling

3.94

4.39 11% Increase
Installation space 1.66 m2 2.13 m2
Product Weight 490 kg 555 kg

 

Jasa Service AC di BSD, Tangerang, Alam Sutera, Gading Serpong, Jakarta